Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Makassar pada tahun 2022 ini mengajukan Akreditasi Program Gizi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi (asesmen lapangan) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada tanggal 22-24 November 2022.

Asesor yang ditugaskan melakukan asesmen lapangan adalah Dr. Toto Sudargo, M.Kes dan Trias Mahmudiono, SKM, M. PH, Ph.D. Kedua asesor mempunyai latar belakang, yaitu sebagai berikut:
1. Dr. Toto Sudargo, M.Kes adalah dosen dengan jabatan fungsional lektor kepala pada Program S1 Gizi Kesehatan, Pendidikan Dokter, S–2 dan S–3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM. Saat ini juga aktif sebagai peneliti, ahli gizi di rumah sakit dan Laboratorium CITO pusat, pembicara dalam berbagai seminar nasional maupun internasional tentang gizi dan sebagai lead auditor dengan Sertifikat IRCA (International Registered of Certificate Auditors No reg: IQ-LA11039) serta sebagai validator dan asesor LAM-PTKes. Mendapat gelar S.K.M. dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP dan gelar M.Kes. serta doktor di bidang Ilmu Gizi dari UGM. Buku yang diterbitkan antara lain:
1) Pola Makan dan Obesitas;
2) Regulasi Pemberian Asi Eksklusif sebagai Makanan Sempurna Bagi Bayi;
3) Defisiensi Yodium, Zat Besi dan Kecerdasanan;
4) Asuhan Gizi pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur;
5) Naskah akademik tentang ASI Ekslusif di Kota Yogyakarta.

2. Trias Mahmudiono, SKM., MPH., GCAS., Ph.D. adalah dosen dan peneliti kesehatan masyarakat, Universitas Airlangga. Saat ini menjabat sebagai Lektor Kepala / Associate Professor NEO-MOM, Public Health Nutrition, Nutrition Education, Double Burden of Malnutrition. Mendapat gelar S.K.M. dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR, dan gelar MPH dari The University Of Queensland, serta gelar Ph. D dari Kansas State University.

Kegiatan Hari pertama asesmen lapangan dimulai dengan persiapan kelengkapan dokumen dan penjemputan terhadap tim asesor lapangan oleh Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M. Kes, bersama Unit Pengelola Program Studi, dan Mitra.

Hari kedua asesmen lapangan dilaksanan dengan pembukaan berisi sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M. Kes dan Ketua Program Studi Gizi, dr. Nurussyariah Hammado, M.App.Sci., M.NeuroSci. Sp. N. dilanjutkan dengan sesi bersama Pimpinan Unit Pengelola Program Studi, Mitra, dan mahasiswa.

Hari ketiga diisi dengan  dengan tur kampus mencakup kelas dan laboratorium Program Studi Gizi, serta wawancara dengan dosen dan tenaga kependidikan. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 3 hari tersebut.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *